Jumat, 28 September 2007

Hangseng Melejit, Ditopang oleh Ekspektasi Investasi China ke Luar Negeri

Setelah resistensi psikologis 27000 terlewati dengan gampang, Hangseng nampaknya sedang berupaya menata bullish-pattern baru. Penopang penguatan Hangseng pada sesi pertama ini, tidak terlepas dengan ekspektasi para investor terhadap kemungkinan merembesnya aliran capital dari China secara lebih intens.

Sebuah media melaporkan bahwa pemerintah China-pemilik perusahaan, sedang terfokus pada upaya investasi ke luar negeri yang akan dimulai pada pekan ini. Sebuah sumber terdekat dengan pemerintah, seperti disitat oleh reporter China Securities Journal, menyatakan bahwa China Investment Co (CIC), fund manager baru, sedang menentukan pengelolaan investasi pemerintah China , dan akan beroperasi hari Sabtu mendatang. Dengan pengelolaan dana sekitar 200 milyar dollar Amerika , CIC akan memfokuskan pada investasi luar negeri.

China yang mempunyai surplus likuidas teramat besar, tentu saja tidak akan mengabaikan investasinya di Hongkong.Sehingga wacana dan ekspektasi tersebut menjadi pendongkrak Hangseng hari ini.

Tidak ada komentar: